Kamis, 28 Agustus 2008

Positive Thinking


Ada kemajuan yang dilakukan kampus untuk mengembangkan sumber daya manusia. Kampus menyelenggarakan semacam pertemuan atau seminar tentang 'Positive Thinking' dengan judul 'Berpikir Positif, Sebuah ketrampilan untuk mengelola stress'.

Dari judulnya saja sudah terbaca sangat positif, dan ada harapan untuk memberi pencerahan dari suasana kerja dan lingkungan yang caruk marut. Berpikir positif tentunya yang diuntungkan masing-masing individu dan pada akhirnya institusi juga yang mendapatkan hasilnya.

Berpikir positif dimulai cara pandang kehidupan. Apakah optimis atau pesimis? segala sesuatu yang ada di dunia ini bisa dipandang dengan 2 cara tadi, karenanya maka kelola stress anda dengan mengelola pikiran negatif dan melatih positif self-talk.

Perhatikan gambar gelas. Kita bisa menggambarkan gelas itu. Ada yang menyebutkan bahwa gelas itu setengah penuh atau juga boleh menyebutkan setengah kosong. Keduanya benar tidak ada yang salah. Itulah satu obyek dapat dipandang dari sudut pandang yang berbeda. Tak ubahnya juga setiap kejadian yang kita rasakan dapat dipikirkan dari sudut pandang positif dan negatif.

Self-talk adalah monolog dalam diri. Pemikiran yang sering terlintas di kepala / pikiran setiap hari. Ajak pikiranmu untuk berfikir rasional, logis, dan beralasan.

4 komentar:

Anonim mengatakan...

Kebetulan saja gelas yang jadi ilustrasi itu terbuat dari bahan yang transparan. Yang paling sulit kalau kita harus meninjau isi dari gelas yang tidak tampak. Bisa jadi kita kehausan di tengah gurun dengan berbekal gelas yang kita kira berisi setengah penuh atau setengah kosong tetapi ternyata benar-benar kosong. :-)

Yang hebat adalah orang yang mau mentransparankan dirinya dengan menulis blog ini. Sukses, pak....

Bagus Tri Prabawa mengatakan...

Motivasi itu memberikan 3/4 energi hidup. Kata Iwan Fals yang boleh terakhir mati adalah HARAPAN. Tidak penting tampak atau tidak yang penting dengan berpikiran positif menjadikan Motivasi dan Harapan.

Anonim mengatakan...

tambahkan sesendok Kopi Arabika plus satu setengah Gula.gak bening lagi..lebih ada rasanya :)

Anonim mengatakan...

tambahkan sesendok Kopi Arabika plus satu setengah Gula.gak bening lagi..lebih ada rasanya :)